Senin, 02 Mei 2016

RESOLUSI MEMBACA BULAN MEI 2016



Bulan lalu saya sedikit kecewa dengan resolusi membaca saya. Dari 10 buku yang menjadi target, saya hanya mampu menyelesaikan 2 buku saja. 

Memang, sih. Ada banyak perubahan ritme hidup di bulan kemarin. Dan itu menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran. Sampai-sampai hal tersebut merenggut waktu wajib saya untuk membaca. Yang seharusnya saya bisa duduk tenang membaca, namun banyak hal yang harus saya selesaikan. Saya gunakan waktu membaca untuk menyelesaikan banyak hal. Alhasil kuantitas membaca saya turun.
Biasanya, saya menyediakan waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk membaca. Saat satu per satu aktivitas mulai terselesaikan dan suasana mulai tenang, saya membaca buku. Saya juga suka memanfaatkan waktu luang, walau hanya 15 – 30 menit untuk membaca. Saat istirahat siang di kantor contohnya.
Banyak manfaat yang saya dapatkan saat saya membaca buku. Menambah pengetahuan itu pasti. Menambah pengalaman itu juga bisa jadi. Namun yang jelas, saya dapat rilek saat membaca buku. Ada ketenangan yang saya dapatkan.
Meski hanya satu jam, namun jika suatu hal dilakukan setiap hari maka akan menjadi kebiasaan. Termasuk dalam membaca buku. Ini lebih baik dari pada sekali membaca buku dalam durasi yang lama, namun setelah itu jeda untuk membaca lagi sangat lama. Bukankah membaca itu adalah pembiasaan yang akhirnya menjadi kebiasaan?
Terkadang saya merasa iri dengan orang-orang yang bisa menyelesaikan membaca buku dengan cepat. Semakin cepat menyelesaikan bacaan, semakin banyak pula buku yang dapat dibaca. Dan tentunya, akan ada lebih banyak ilmu dan pengalaman yang didapat. Duh senangnya ... L L
Akhirnya, inilah salah satu cara yang saya lakukan. Membuat daftar buku yang akan saya baca di bulan ini, bulan mei 2016. Mau tahu apa saja? Yuk, ah ditengok! ^^



1.     I Know You by Daudantonius & Tim
Ini adalah buku psikologi yang mengetengahkan tentang cara membaca pikiran orang lain melalui bahasa tubuh. Hehe ... Sedikit menakutkan ya. Harus banyak praktek, nih ^^

2.     Mind Map by Tony Buzan
Buku ini mengajarkan cara memperoleh dan mengembangkan ide-ide kreatif. Sip! 

3.     Pre Wedding Rush by Okke Sepatumerah
Sebuah novel tentang seseorang yang tidak mampu melupakan masa lalu, meski sekarang dia sedang mempersiapkan pernikahannya bersama orang lain. Hadduuhhh ... Pasti tokohnya sedang galau tingkat bidadari :P :P

4.     Sukses Membangun Toko Online by Carolina Ratri
Berisi tentang tips dan trik membuka toko on line sekaligus cara-cara untuk mengoptimalkannya. Wah, perlu, nih :) :)

5.     Gila Membaca Ala Ulama by Ali Bin Muhammad Al-‘Imran
Buku ini menyajikan kisah para ulama yang gila akan ilmu, bahkan menjadikan buku sebagai teman setianya. Ini kereenn!!

6.     The Ex-Files by Jane Moore
Kisah tentang sepasang calon pengantin yang saling mengundang para mantan mereka di hari pernikahan. Gimana jadinya, ya (^^,,)

7.     Cantik by dr. J. Prianto
Buku yang membahas seputar dunia kecantikan terutama tentang kesehatan dan perawatan kulit agar tetap cantik. Asyiikk...!!

8.     Life Excellent by Reza M Syarif
Buku motivasi tentang semangat menjalani kehidupan. Penting banget ini :D :D

9.     Queen of Babble by Meg Cabot
Novel yang berkisah tentang seorang perempuan yang tidak mampu mengendalikan mulutnya hingga banyak rahasia bocor karenanya. Haduuhh ... (-_-')

10. Menjadi Pribadi Yang Berpengaruh by Yusuf Al-Uqshari
Buku tentang cara berkomunikasi dengan orang lain. Supaya tidak ada misunderstanding ^^

Saya akan tetap berusaha membaca meski disela-sela padatnya jadwal kerja dan kesibukan harian. Ini seperti, menemukan oase di tengah padang pasir. Kita lihat saja. Apakah saya akan mampu menyelesaikan membaca buku-buku yang sudah menjadi target membaca saya bulan ini? Yuk, ah, semangat! Semoga resolusi bulan ini dapat terlaksana dengan baik. Semangat ...!!! \(^_^)/



Related Post :

11 komentar:

  1. Membaca jon koplo solopos itu pasti hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ... Pastilah. Itu kan hasil karya sendiri ^^

      Hapus
  2. ouwh saya kehilangan rutinitas ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, semangat! Kembalikan rutinitas itu :D :D

      Hapus
  3. wuiihhh keren banget pengen juga saya itu.

    www.aqiqahberkah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan membuar resolusi untuk diri sendiri. Semoga sukses! ^^

      Hapus
  4. Pengen banget bisa baca buku sebanyak itu... tapi ya gitu... entah gak gak biasa aja... pengen jadi kutu buku

    BalasHapus
  5. ikutan ah...mbak Hana, buku no. 245 dapat di mana? mau mbak.. adakah di solo?

    BalasHapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^